Search

MELTODEKSTRIN SIS ENERGY GEL

Ditulis oleh: Coach Hendri Pardede

Brand Ambassador SIS GEL Indonesia


SIS GEL adalah jenis minuman isotonik yang khusus dirancang untuk mengatasi efek kehilangan mineral dan dehidrasi selama aktivitas berolahraga, serta berfungsi sebagai sumber energi untuk mempertahankan stamina selama aktivitas olahraga. Sesuai dengan fungsinya, komposisi utama SIS GEL adalah karbohidrat cair sebagai sumber energi dan mineral-mineral untuk menggantikan mineral cairan tubuh yang ikut terbuang bersama keringat. Selain karbohidrat dan mineral, pada formulasi SIS GEL juga dapat ditambahkan bahan-bahan lain berupa flavour, vitamin, dan nutrisi lainnya, untuk memperbaiki penampilan organoleptik dan meningkatkan kandungan gizi produk, serta memperbaiki mekanisme absorpsi energi oleh tubuh. Sumber karbohidrat yang dapat digunakan adalah meltodekstrin dalam bentuk gula sederhana (glukosa, fruktosa, atau sukrosa), atau dalam bentuk produk hasil hidrolisis.


Penggunaan maltodekstrin SIS GEL terutama ditujukan agar pelepasan energi terjadi lebih lambat, serta untuk menurunkan derajat osmolalitas dan derajat kemanisan produk tanpa merubah penampilan dan karakteristik tekanan osmotik produk. Berkaitan dengan komposisi maltodekstrin yang dominan mengandung oligosakarida DP tinggi, maka dibandingkan karbohidrat dalam bentuk sederhana (misalnya glukosa), maltodekstrin akan cenderung memiliki karakteristik viskositas yang tinggi namun stabilitas, kelarutan, dan laju absorpsi yang amat rendah. Guna mengatasi dengan keterbatasan karakteristik maltodekstrin tersebut, maka penggunaannya selama ini hanya terbatas sebagai bahan tambahan (bukan bahan utama) dan berarti harus dikombinasikan dengan sumber karbohidrat lainnya misalnya glukosa untuk menjaga karakteristik tekanan osmotik, penampilan, dan stabilitas produk. Salah satu upaya untuk menghasilkan maltodekstrin yang memiliki karakteristik ideal sebagai sumber karbohidrat pada SIS GEL antara lain dapat dilakukan melalui upaya memproduksi maltodekstrin dengan derajat polimerisasi (DP) tertentu yang dominan mengandung oligosakarida berantai sedang/moderat, Kandungan SIS GEL menunjukkan bahwa maltodekstrin DP 3-9 dengan derajat kemurnian yang maksimal, dapat diperoleh dari gandum melalui optimasi proses hidrolisis.


Penggunaan Maltodekstrin pada SIS GEL yang menggunakan oligosakarida dimana mata rantai glukosanya relatif pendek dibandingkan dengan meltodekstrin polisakarida yang memiliki mata rantai glukosa yang cukup panjang. Pemilihan gugus kimia glukosa dengan rantai pendek seperti oligosakarida pada SIS GEL menjadikan produk ini memiliki sifat yang khusus dibandingkan gel lainnya, diantaranya:

  1. Memiliki osmolalitas (kekentalan) yang hampir sama dengan kekentalan darah, sehingga daya serap ke dalam tubuh dengan cepat terjadi.

  2. Memiliki laju absorpsi yang cepat. Saat melakukan olahraga endurance yang sangat penting adalah menjaga stabilitas gula darah tubuh, SIS GEL akan mudah terserap oleh tubuh sehingga stabilisasi gula darah akan cepat terjadi saat melakukan olahraga endurance.

  3. Tingkat kemanisan yang sesuai dengan fisiologis tubuh manusia normal. SIS GEL menggunakan sumber meltodekstrin dengan mata rantai glukosa yang pendek sehingga rasa manisnya lebih normal dibandingkan dengan polisakarida yang terlalu manis.

Karakterisasi meltodekstrin inilah yang menjadikan SiS Energy Gel sebagai "Number One Gel in The World"!


#SiS #ScienceinSportIndonesia #EnergiGel #GelIsotonik #Meltodektrin

46 views0 comments

Recent Posts

See All